Friday, July 18, 2014

Contoh Soal Multiprogramming System + Jawaban

Contoh Soal Multiprogramming System + Jawaban - Untuk tugas kuliah yang akan dibahas kali ini adalah mengenai soal yaitu soal tentang materi Multiprogramming System. Jika anda sedang belajar materi ini dan memerlukan bahan latihan atau bahan tugas silahkan coba dalami sedikit soal berikut.

Untuk Soal Multiprogramming System berikut akan langsung disertai dengan pembahasan soal atau kunci jawaban sehingga anda bisa langsung dapat mempelajarinya. Soal selengkapnya silahkan langsung di baca di bawah ini.

Soal Multiprogramming System + Jawaban
1. Coba jelaskan pengertian dibawah ini dan berikan contoh
a. Multiprogramming system
b. Multitasking
c. Multiprocessing
d. Real time system

2. Berikan penjelasan mengenai perbedaan sistem operasi untuk sistem paralel, sistem terpusat dan terdistribusi! Berikan contoh
3. Jelaskan cara kerja sistem batch secara lengkap!

Jawaban Soal Multiprogramming System
1. Pengertian
a. Multiprograming system adalah sistem yang melayani banyak program yang tidak ada hubungannya satu sama lain dan dijalankan sekaligus dalam satu komputer yang sama
b. Multitasking adalah sebuah sistem dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama. 
c. Multiprocessing Adalah suatu sistem yg memiliki lebih dari 1 CPU (processor). 
d. Realtime system adalah sistem yang digunakan jika sistem operasi memerlukan ketepatan waktu dari processor atau aturan data, sering digunakan sebagai pengontrol terhadap aplikasi-aplikasi tertentu 

2. Sistem paralel adalah sistem yang mempunyai lebih dari satu prosessor yang dapat berkomunikasi, membagi bus, clock dan juga perangkat memory dan peripheral. Sistem ini disebut sebagai tightly coupled system. Contoh : sistem UNIX versi Encore’s untuk komputer Multimax Komputer dapat dikonfigurasikan untuk menangani satu lusin prosessor, semua menjalankan UNIX.

Sistem operasi terpusat adalah sistem operasi yg dapat menangani multiprocessor di mana semua processor menggunakan satu memori utama. Contoh : Multiprocessing IMB System/370

Sistem operasi terdistribusi adalah sistem operasi yg dapat menangani multiprocessor dimana masing-masing processor memiliki memori utama sendiri. Contoh : pada Sistem Windows sering terjadi membagi data atau transfer data antara display. Jika beberapa site dihubungkan dengan lainnya dengan jaringan komunikasi, prosessor pada site yang berbeda dapat menukar informasi. User melakukan transfer file atau komunikasi dengan user lain melalui electronic mail. Seorang user dapat mengirim mail ke user lain pada site yang sama atau site yang berbeda. 

3. Ada dua cara dalam sistem batch: 

1. Resident Monitor
a. Operator bertugas mengatur urutan job
b. Job-job yg sama cukup dicetak sekali saja, cara inilah yg disebut “Batch system”
Teknik pengurutan job secara manual begini akan menyebabkan tingginya waktu menganggur CPU. Muncul teknik pengurutan job otomatis yg mampu mentransfer secara otomatis dari suatu proses ke proses lainnya.Program kecil dan bersifat residen dimemori serta berisi urutan2 job yg akan berpindah secara otomatis, inilah “Resident Monitor”

2. Overlap Operasi antara I/O dg CPU
a. Off line Processing, data yg dibaca dari card reader disimpan dulu dalam tape driver sebelum dibawa ke CPU, demikian pula informasi yg mau dicetak, disimpan dulu di tape 
b. Spooling adalah suatu program dapat dikerjakan walaupun I/O masih mengerjakan proses lainnya dan disk secara bersamaan menggunakan data untuk banyak proses. Pengertian multi programming adalah kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada satu waktu.

Semoga sedikit mengenai Contoh Soal Multiprogramming System + Jawaban di atas bisa bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan. Soal latihan lain tentang mata pelajaran Sistem Operasi dapat anda lihat di bagian bawah!

Contoh Soal Multiprogramming System + Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah