Wednesday, July 16, 2014

Ringkasan Materi Permintaan dan Penawaran

Ringkasan Materi Permintaan dan Penawaran - Salah satu materi pelajaran ekonomi yang penting untuk dikuasai adalah materi mengenai permintaan dan penawaran. Untuk mempermudah kita dalam memahaminya kita akan membuat sebuah rangkuman singkat mengenai tema ini. 

Dalam ringkasan materi pelajaran ekonomi ini kita akan membahas mengenai pengertian dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi baik itu permintaan dan juga penawaran. Dengan memahami inti dari pelajaran ini mudah-mudahan kita bisa lebih mudah dalam menguasai seluruh materi berkaitan. Berikut Ringkasan Materi Permintaan dan Penawaran tersebut.

A. Permintaan (demand)
Banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar, dengan tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu inilah yang disebut permintaan. Hubungan antara harga dan permintaan disebut hukum permintaan. 

Konsep hukum permintaan dikemukakan oleh Alfred Marshall bahwa adanya hubungan terbalik antara harga dan permintaan. Jadi ,hukum permintaan menyatakan:

“Apabila harga suatu barang naik, permintaan barang tersebut akan turun, Jika harga suatu barang turun, permintaan barang tersebut akan naik, ceteris paribus,”

Hukum permintaan ini hanya berlaku apabila asumsi harga faktor lainnya selain harga barang tersebut dianggap terpenuhi, asumsi ini dikenal dengan ceteris paribus.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah:
1. Harga barang lain
2. Pendapatan masyarakat
3. Selera masyarakat
4. Jumlah penduduk
5. Ramalan Harga di masa datang

B. Penawaran (supply)
Penawaran akalah jumlah barang yang ditawarkan penjual pada pasar tertentu, pada periode tertentu.
Perbandingan lurus antara harga dan penawaran disebut hukum penawaran. Pada dasarnya, hukum penawaran berbunyi:

Apabila harga suatu barang naik, penawaran barang tersebut akan naik. Apabila harga barang turun, penawaran barang tersebut akan turun, ceteris paribus.

Faktor-fakto yang mempengaruhi penawaran
1. Harga barang lain
2. Biaya produksi
3. Tingkat teknologi

Mudah-mudahan sedikit ringkasan inti sari materi permintaan dan penawaran di atas bisa dengan mudah kita kuasai. Untuk lebih jelas tentu kita bisa membaca literatur yang lebih rinci mengenai tema pelajaran ekonomi tersebut. Ringkasan lain silahkan di baca di bagian bawah.

Ringkasan Materi Permintaan dan Penawaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah