Wednesday, January 15, 2014

Tugas Sosiologi tentang Fenomena Lembaga Sosial

Dulu, salah satu tugas yang paling menyita waktu adalah tugas sosiologi ini, tugasnya adalah untuk mempresentasikan salah satu gejala fenomena lembaga sosial yaitu meliputi fenomena lembaga sosial keluarga, lembaga sosial politik, serta lembaga sosial agama. Bukan cuma presentasi tetapi kita harus membuat sebuah video tentang fenomena lembaga sosial tersebut untuk nantinya dipresentasikan di depan kelas.

Pada tugas sosiologi ini kita akan melakukan beberapa hal, yang pertama kita harus memahami mengenai lembaga sosial meliputi pengertian lembaga sosial, macam-macam lembaga sosial dan juga fenomena-fenomena yang berkaitan dengan lembaga sosial tersebut. Pemahaman ini sangatlah penting karena akan kita gunakan baik itu dalam presentasi maupun dalam mempersiapkan video fenomena lembaga sosial sebagai sarana presentasi.

Setelah siap dengan bahan dan pemahaman tersebut kita harus membuat suatu video fenomena lembaga sosial dalam masyarakat bersama-sama dengan anggota kelompok. Untuk membuat video ini tentunya kita harus mengambil tema fenomena sosial seperti apa yang akan dijadikan video presentasi.

Mengenal Macam-Macam Lembaga Sosial

Seperti yang kita ketahui lembaga sosial terdiri dari berbagai macam lembaga. Lembaga-lembaga sosial tersebut adalah sebagai berikut:

1. Lembaga Sosial Keluarga
Keluarga bagaikan suatu pemerintahan kecil di mana ayah bertindak sebagai penguasa dengan landasan cinta kasih, sedangkan ibu bertugas mengatur rumah tangga agar tercipta kehidupan yang sejahtera.

2. Lembaga Agama
Agama dan kepercayaan mengajarkan penganutnya untuk mencintai, menghormati, dan menghargai orang lain. Mencintai orang lain adalah suatu sikap atau perbuatan yang memperlihatkan orang lain tersebut adalah ciptaan Tuhan sama seperti kita. Tindakan cinta kepada sesame dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya sikap ramah, sopan santun, dan rendah hati dalam bergaul.

3. Lembaga Ekonomi

Sistem ekonomi yang merupakan usaha pengadaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia harus memenuhi kebutuhan makanan, minuman, kesehatan tubuh, dan perlindungan diri dari gangguan luar. Kebutuhan ini dipenuhi dengan barang-barang, seperti nasi, air, pakaian, rumah, senjata, dan obat-obatan. Perusahaan jasa makin hari makin banyak karena memang setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginan akan berbagai bentuk pelayanan (jasa).

4. Lembaga Pendidikan
Para ahli sosiologi yang membedakan pranata pendidikan ke dalam fungsi manifes dan fungsi laten pendidikan. Fungsi manifes pendidikan, antara lain mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah, mengembangkan bakat perorangan demi kepentingan pribadi maupun kepentingan masyarakat, melestarikan kebudayaan, dan menanamkan keterampilan bagi partisipasi dalam demokrasi.

5. Lembaga Politik
Politik adalah aneka ragam kegiatan masyarakat dalam suatu system kenegaraan yang menyangkut proses menentukan dan melaksanakan sistem kenegaraan tersebut. Ada tiga unsur yang harus dipenuhi agar terciptanya sebuah negara, yaitu rakyat, pemerintah, dan wilayah. Kegiatan politik berpusat pada masyarakat dalam mengolah tujuan Negara dan proses pencapaian tujuan tersebut.

Contoh tentang Fenomena Lembaga Sosial

Pada tugas sosiologi fenomena lembaga sosial ini sesuai dengan tugas masing-masing kita akan membuat sebuah video durasi pendek tentang sebuah fenomena lembaga sosial yang sudah disepakati bersama-sama. Video tersebut dapat berupa video fenomena lembaga sosial keluarga, video lembaga sosial politik, atau tentang video lembaga sosial agama.

Pertama kita akan membuat sebuah cerita singkat untuk diperankan yang berkaitan dengan fenomena lembaga sosial. Setelah ada ceritanya lalu kita dapat membuat naskahnya atau kita dapat mencoba langsung beradegan ria sesuai dengan cerita fenomena lembaga sosial yang disepakati.


Video
(Fenomena Lembaga Sosial Keluarga)

Untuk mempermudah kita dapat menggunakan handphone atau perangkat yang ada seperti laptop untuk merekam video yang dibutuhkan. Setelah selesai kita tinggal mempersiapkan powerpoint untuk presentasinya atau dapat langsung menggunakan video yang dibuat untuk presentasi.

Itulah sedikit curhat mengenai Tugas Sosiologi tentang Fenomena Lembaga Sosial kali ini. Untuk rekan pelajar yang kebetulan mendapatkan tugas serupa saya sarankan untuk lebih kreatif dan mencoba membuat video yang dibutuhkan. Sukses terus, dan tetap semangat!

Tugas Sosiologi tentang Fenomena Lembaga Sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah