Tuesday, August 7, 2012

Bab 8 - Listrik Dinamis

Bab 8 - Listrik Dinamis

Fisika kali ini, kita akan membahas materi fisika tentang listrik dinamis. Rekan pelajar sudah tidak asing dengan bab ini, yaitu tentang listrik dinamis. Untuk mengikuti materi tentang teori listrik dinamis, silahkan ikuti pembahasan  Bab 8 - Listrik Dinamis ini dengan seksama agar kita dapat memahaminya, baiklah berikut pembahasan tentang listrik dinamis.

Pengertian Listrik Dinamis

Listrik Dinamis adalah listrik yang dapat bergerak. Cara mengukur kuat arus pada listrik dinamis adalah muatan listrik dibagai waktu dengan satuan muatan listrik adalah coulumb dan satuan waktu adalah detik. Kuat arus pada rangkaian bercabang sama dengan kuata arus yang masuk sama dengan kuat arus yang keluar. Sedangkan pada rangkaian seri kuat arus tetap sama disetiap ujung-ujung hambatan.

Sebaliknya tegangan berbeda pada hambatan. pada rangkaian seri tegangan sangat tergantung pada hambatan, tetapi pada rangkaian bercabang tegangan tidak berpengaruh pada hambatan. Semua itu telah dikemukakan oleh hukum kirchoff yang berbunyi "jumlah kuat arus listrik yang masuk sama dengan jumlah kuat arus listrik yang keluar". Berdasarkan hukum ohm dapat disimpulkan cara mengukur tegangan listrik adalah kuat arus × hambatan. Hambatan nilainya selalu sama karena tegangan sebanding dengan kuat arus. tegangan memiliki satuan volt(V) dan kuat arus adalah ampere (A) serta hambatan adalah ohm (crayonpedia).

Pembahasan tentang materi kali ini akan terlalu panjang bila kita kupas disini, untuk itu materi ini akan kita bahas dalam 3 sub sebagai berikut:

A. Hukum Ohm dan Hambatan

Masih ingat dengan hukum Ohm? Sewaktu di SMP kalian telah belajar tentang hukum Ohm. Hukum ini
mempelajari tentang hubungan kuat arus dengan bedapotensial ujung-ujung hambatan... Baca Selengkapnya

B. Rangkaian Sederhana

Rangkaian sederhana dapat dikembangkan dengan beberapa sumber tegangan dan beberapa hambatan.
Rangkaian beberapa hambatan dan sumber tegangan ini dapat dibagi beberapa jenis diantaranya seri, pararel
dan... Baca Selengkapnya

C. Energi dan Daya Listrik 

Jika kalian membahas tentang listrik maka tidak bisa lepas dari sumber arus. Misalnya baterai, akumulator
atau generator (PLN). Dan pernahkah kalian mengamati data-data pada lampu, alat-alat listrik lain atau bahkan pada meteran PLN. Dari data-data itu kalian akan mendapatkan... Baca Selengkapnya

Listrik memang terbukti sangat berguna bagi kehidupan manusia, rekan tentu dapat membayangkan bagaimana kehidupan kita tanpa listrik. Nah, untuk itu bersyukurlah karena kita baru saja telah menyelesaikan pembahasan mengenai listrik ini. Semoga ilmu pengetahuan kita dapat bermanfaat dikemudian hari.