Friday, August 8, 2014

Ragam Tari Daerah Bali

10:15 PM By Kumpulan Tugas ,

Bali merupakan daerah yang kaya akan tarian daerah, disana ada banyak jenis tarian yang berasal dari daerah Bali yang dapat kita nikmati dalam sebuah pertunjukan. Tarian daerah bali juga bahkan sampai terkenal ke manca negara. Nah, apa sajakah tarian yang berasal dari bali? Berikut beberapa tari yang berasal dari daerah bali.

Tari Bali adalah tarian yang berasal dari Bali. Tari Bali tidak selalu bergantung pada alur cerita. Tujuan utama penari Bali adalah untuk menarikan tiap tahap gerakan dan rangkaian dengan ekspresi penuh. Kecantikan tari Bali tampak pada gerakan-gerakan yang abstrak dan indah. Tari-tari Bali yang paling dikenal antara lain pendet, gabor, baris, sanghyang dan legong.

Tari Bali sebagian besar bermakna religius. Sejak tahun 1950-an, dengan perkembangan pariwisata yang pesat, beberapa tarian telah ditampilkan pada kegiatan-kegiatan di luar keagamaan dengan beberapa modifikasi.

Tari Bali dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, wali (sakral) atau bebali (upacara) dan balih-balihan (hiburan). Tari wali dan bebali dapat ditarikan di tempat dan waktu tertentu. Tari wali dipentaskan di halaman bagian dalam pura dan tari bebali di halaman tengah (jaba tengah). Sebaliknya tari balih-balihan ditarikan di halaman luar pura (jaba sisi) dalam acara yang bersifat hiburan. (Sumber: Wikipedia)


Salin Copy Materi


Tari Daerah Bali

Tari Kecak
Merupakan tari yang sangat terkenal dari Bali, tari yang ceritanya berdasarkan dari Kitab Ramayana, yang mengisahkan tentang bala tentara monyet dari Hanuman dan Sugriwa.

Tari Kecak (Tari daerah bali)


Tari Legong
Adalah tari yang ditarikan secara dinamis dan memikat hati, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cinta raja dari Lasem.

Tari Legong (Tari daerah bali)
Tari Pendet
Merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia.

Tari Pendet (Tari Daerah Bali)
Tari Barong
Tari Joged Bumbung, biasanya dipentaskan dalam acara-acara sosial kemasyarakatan di Bali, seperti acara pernikahan.

Tari Barong (Tari Daerah Bali)

Demikianlah pembahasan kita mengenai beberapa tari dari daerah bali, rekan juga dapat melihat tarian daerah lain di artikel seni budaya, semoga dapat memperkaya wawasan kita tentang daerah sendiri. 

Lihat juga tugas...!