Wednesday, September 3, 2014

Ragam Tari Daerah Aceh Yang Indah

Ragam Tari Daerah Aceh Yang Indah - Indonesia memang kaya akan ragam budaya dan salah satu yang menjadi kebanggaan kekayaan tersebut adalah ragam tari tradisional. Banyak sekali tari tradisional nusantara yang indah, menghibur dan sarat dengan pesan. 

Mulai dari tarian yang fungsinya sakral baik untuk pemujaan, penyembahan maupun wujud syukur bahkan sampai tarian-tarian kegembiraan pada acara pesta dan lain sebagainya. Di daerah aceh misalnya, banyak juga berbagai ragam tari daerah Aceh yang indah dan patut untuk dilestarikan.

Dari daerah aceh kita bisa menemukan beberapa tari daerah yang terkenal dan sangat menarik. Tari ini ada yang berasal dari arab dan berisi ajaran islam. Apa saja tari daerah aceh yang terkenal itu? Kali ini kita akan membahas tarian yang berasal dari aceh tersebut.

Salin Copy Materi

Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh

Tari Seudati
Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.
Tari Seudati
Tari Daerah Aceh
Tari Saman
Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam.

Tari Saman
Tari Daerah Aceh

Tari Ranub Lam Puan
Untuk menyambut tamu masyarakat Aceh biasanya akan menarikan sebuah tarian kehormatan. Tarian ini bernama Tari Ranub Lam Puan. Biasanya tari ini dilakukan oleh remaja putri Aceh.

Tari Ramplak
Tari Ramplak yaitu tari yang menggambarkan keberanian dan keperkasaan wanita Aceh menghadapi penjajah.

Tari Rapa-i
Sedangkan, Rapa-i yaitu memainkan sejenis musik dengan memukul alat semacam rebana. Permainan musik ini dilakukan sambil berzikir.

Demikian pembahasan kita mengenai tari daerah aceh. Semoga dapat membangkitkan kita pada wawasan nusantara.

Ragam Tari Daerah Aceh Yang Indah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko