Wednesday, May 15, 2019

Contoh Complaint Dialogue - Expressing Complaint

Contoh Complaint Dialogue - Expressing Complaint. Ada banyak cara untuk mengekspresikan keluhan (Expressing Complaint) dalam bahasa inggris. Nah, kali ini kita akan membahas tentang topik Complaint Dialogue atau expressing complaint pada artikel yang berjudul "Contoh Complaint Dialogue - Expressing Complaint" ini.

Gambar Contoh Expressing Complaint

Yang paling utama dalam belajar mandiri adalah mengulang apa yang sudah dipelajari. Tujuannya agar ingat dan lebih paham.

Maka, selain contoh kita juga akan membahas sedikit mengenai materinya. Jadi kita bisa ingat bagaimana cara membuat sebuah keluhan atau mengekspresikan keluhan.

A. Cara Membuat Keluhan (Making Complaint)

Kita bicara mengenai Analysis of Making Complaint. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita membuat atau menyampaikan sebuah keluhan.

Jadi kita tidak asal membuat keluhan tanpa melihat lebih jauh yang berhubungan dengan hal yang akan dikeluhkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yaitu sebagai berikut.

a. Tamu harus tahu aturan yang berlaku dan benar-benar yakin untuk membuat keluhan.
Dalam kasus ini tamu tersebut tidak mengetahui aturan yang berlaku di hotel tersebut. Seharusnya Tamu tersebut harus mengetahui bahwa waktu terakhir tamu harus meninggalkan hotel adalah pukul 12:00 siang menurut aturan yang biasa digunakan secara internasional.

Hal ini ditunjukkan pada kalimat :
….“ Apa??? (dengan suara keras). Apa sih yang sedang Anda bicarakan? Mengapa saya harus membayar? ”

The guest must know the rule and make absolutely sure it is necessary to complain. In this case the guest doesn’t know the rule that applied in hotel. The guest should know that 12.00 PM is hotel’s last check out time, according to international rule.

It is shown in this sentence:
      …. “What ??? (with the loud voice). What the hell are you talking? Why I have to pay?”

b. Tamu tidak boleh berkata kasar saat menyampaikan keluhan.
Namun dalam kasus ini tamu berbicara kasar saat menyampaikan keluhan. Hal ini ditunjukkan pada kalimat :

….“ Tapi apa? Dengar... .. hei dengarkan saya. Saya tidak akan membayarsatu sen pun untuk 4 jam. Apakah Anda tuli? Saya tidak akan membayarlagi. Apakah sudah jelas bagi Anda?”

….“Sialan! Anda gila. Dengarkan saya dengan jelas. Saya tahu betapa sulitnya untuk mendapatkan uang. Saya tidak akan membayar lagi untuk 3 sampai 4 jam.”

The Guest never be rude when complaining. But in this case the guest talking rudely .It is shown in this sentence:

      ….“ What but? Listen…..hey listen to me. I will not pay a single cent for 4 hours. Are you deaf? I will not pay anymore. Is it clear to you? ”

….” Damn it man! You people are mad. Listen to me clearly. I know how hard to earn money. I will not pay anymore for 3 to 4 hours. “

c. Keluhan harus disampaikan sesegera mungkin untuk meminimalisasi permasalahan.
Pada percakapan ini, tamu tersebut segera menyampaikan keluhannya setelah dia mendengar informasi yang membuat dirinya tidak nyaman. Hal ini ditunjukkan secara implisit dalam percakapan di atas.

Complain must be communicated immediately to minimalist problems. In this conversation, the guest communicate his complaint immediately after he got the information which make him uncomfortable. This is shown implicitly in the conversation above.

d. Anggaplah baik perusahaan maupun tamu berada di posisi yang benar.
Namun dalam kasus ini tamu bersikeras bahwa kesalahan ada pada pihak hotel. Hal ini ditunjukkan secara implisit dalam percakapan di atas.

Consider both the company and guests in the right position. But in this case the guests insisted that the fault in hotel side. This is shown implicitly in the conversation above.

B. Contoh Complaint Dialogue - Expressing Complaint

Untuk melengkapi materi kali ini kita juga akan membahas beberapa contoh tentang complaint dialogue diatas. Berikut ini contoh-contoh yang bisa dipelajari:

Complaining - a faulty TV
A: Good afternoon, can I help you?
B: I hope so. I bought this television here about three months ago, but the sound and picture quality are awful. The picture is always flickering and there's a dark line down the left-hand side of the screen. And there's an annoying hissing...

Contoh Percakapan Complaint Beserta Terjemahannya

Demikian pembahasan kita mengenai materi expressing complaint. Kita juga telah membahas tentang Procedur text dan juga expressing promise pada pertemuan sebelumnya. Semoga bermanfaat

Refferensi
http://pebrianthi.blogspot.com/2011/07/complaint-dialogue.html
http://english-the-international-language.com/edcmp.php

Contoh Complaint Dialogue - Expressing Complaint Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes