Wednesday, July 18, 2012

Bagaimanakah Sejarah Komputer

Bagaimanakah Sejarah Komputer. Mungkin sudah ada yang tahu bagaimanakah sejarah komputer dari dulu hingga sekarang? Tema ini yang akan kita bahas pada materi kali ini agar pertanyaan tentang sejarah komputer hilang dari benak kita semua. Baiklah berikut jawaban dari Bagaimanakah Sejarah Komputer.

Salin Materi

Pengertian Komputer

Sebelum kita mengetahui sejarah komputer ada baiknya kita perjelas dulu apa sebenarnya komputer itu. Sebenarnya komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.

Komputer Dan Sejarahnya
Menurut Hamacher (1), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Blissmer (2), komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
  • menerima input
  • memproses input tadi sesuai dengan programnya
  • menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • menyediakan output dalam bentuk informasi
Sedangan Fuori (3) berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Sejarah Perkembangan Komputer

Lalu bagaimanakah sejarah perkembangan komputer dari dahulu sampai sekarang? Menurut periodenya sejarah komputer adalah:
  1. Alat HitungTradisional dan Kalkulator Mekanik
  2. KomputerGenerasi Pertama (1946­ – 1959)
  3. KomputerGenerasi Kedua (1959­ – 1964)
  4. KomputerGenerasi Ketiga (1964­ – 1970)
  5. KomputerGenerasi Keempat (1979­ – sekarang)
Banyaknya kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi dewasa ini semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Referensi
  1. V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.
  2. Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.
  3. William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.