Friday, July 11, 2014

Cara Bermain Sepak Bola

6:07 PM By Kumpulan Tugas , ,

Cara Bermain Sepak Bola: Bagian dari permainan sepak bola. Sepakbola merupakan permainan yang dimainkan di antara dua tim yang terdiri 11 orang pemain yang masing-masing mencoba memenangkan pertandingan dengan mencetak gol lebih dari tim lawannya. Satu gol adalah hasil pengiriman bola yang melintasi garis gol yang terletak di antara tiang gawang dan palang / mistar gawang. 

Sepakbola dimainkan dengan menggunakan kedua kaki, tetapi para pemain diizinkan menggunakan semua bagian badannya kecuali tangan. Kiper yang bertugas mencegah bola dari seluruh garis gol pula diizinkan menggunakan tangannya untuk menangkap bola di dalam daerah penalti.

Tim yang mencetak lebih banyak gol memenangkan sebuah pertandingan. Namun, kalau kedua mencetak jumlah gol yang sama, pertandingan itu dianggap sama (draw). Dalam pertandingan kalah mati (KO), untuk menentukan pemenang, waktu 30 menit (waktu tambahan, extra time) akan ditambahkan jika kedua tim mencetak jumlah gol yang sama dalam 90 menit dari sebelumnya. Tim yang mencetak gol yang lebih pada waktu tambahanini memenangkan pertandingan.

Kalau pada waktu tambahan tidak dapat menentukan pemenang, penalti akan diadakan. Setiap tim diberikan 5 penalti. Tim yang mencetak penalti yang lebih akan memenangkan pertandingan.

Taktik Permainan Sepak Bola
Peraturan pertandingan tidak menspesifikkan posisi pemain-pemain selain penjaga gawang. Namun, selama permainan sepakbola mengalami perubahan progresif, jumlah tertentu dari pemain telah berubah. Mereka termasuk:

Ø      pertahanan - pemain yang ahli dalam mencegah tujuan gol musuh.
Ø      pemain tengah - pemain yang melakukan serangan dan memberikan lorongan bola ke striker, tetapi juga membantu pertahanan dengan mengganggu serangan tim lawan pada tingkat awal.
Ø      penyerang - pemain-pemain yang berperan untuk mencetak gol.
Ø      Peringkat-posisi ini selanjutnya dibedakan oleh bagian mana pemain banyak menghabiskan waktu. Misalnya, ada pertahanan tengah dan pemain tengah kiri.

Para pemain akan menghabiskan sebagian besar waktu dalam permainan pada bagian tertentu di lapangan, namun mereka tidak dibatasi oleh aturan olahraga dan dapat berubah setiap saat. Hal ini juga dapat digunakan oleh kiper, yang biasanya menghabiskan sebagian besar permainan di dekat gawang tetapi dapat berpartisipasi dalam permainan tim. Hal ini biasanya hanya terjadi pada tendangan bebas atau tendangan sudut pada akhir pertandingan.

Tata letak para pemain di lapangan disebut sebagai formasi. Untuk menggambarkan satu formasi tiga nomor digunakan. Nomor satu menentukan berapa banyak pemain pertahanan digunakan, yang kedua adalah jumlah pemain tengah yang akan digunakan dan yang ketiga adalah jumlah penyerang. Formasi yang populer dalam sepak bola modern termasuk 4-4-2, 4-3-3, 3-5-2, 3-4-3 dan 4-5-1.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola
Teknik bermain sepakbola mengacu pada kemampuan pemain sepakbola melakukan gerakan mekanis tertentu seperti menendang bola, menggiring bola, menyundul bola, mengontrol bola dan yang lainnya. Pemain sepakbola yang berpengalaman juga biasanya menguasai teknik bermain sepakbola yang lebih tinggi seperti membaca permainan, mengontrol jalannya permainan, menerapkan formasi bermain sepakbola yang tepat dan lainnya.
Teknik bermain sepakbola dapat dikembangkan dengan melakukannya berulang-ulang atau menonton video-video permainan sepakbola. Tetapi hal yang paling penting dilakukan agar dapat menguasai teknik bermain sepakbola dengan baik tentu saja dengan latihan yang terus menerus untuk mengasah bakat dan kemampuan yang dimiliki.


Cara Bermain Sepak Bola
Contoh Makalah Sepak Bola
[Download]

Berikut ini adalah beberapa teknik-teknik dasar bermain sepakbola yang harus dikuasai oleh orang-orang yang ingin menjadi pemain sepakbola profesional.
1. Menendang Bola
2. Mengontrol bola dengan anggota tubuh seperti kaki, kepala, dada
3. Menyundul bola
4. Menggiring bola
5. Melakukan tackling
6. Menangkap bola (bagi penjaga gawang/kiper)


Referensi

Lihat juga tugas...!