Wednesday, July 9, 2014

Resensi Novel - Di Bibirnya Ada Dusta

3:19 AM By Kumpulan Tugas

Pada materi sebelumnya sudah diberikan contoh tentang resensi novel laskar pelangi, sekarang contoh laninnya adalah Resensi Novel - Di Bibirnya Ada Dusta. Buat rekan yang ingin membaca Resensi Novel - Di Bibirnya Ada Dusta karya Mira W ini silahkan ikuti pembahasan kita mengenai resensi novel berikut ini Resensi Novel - Di Bibirnya Ada Dusta

Identitas Novel

Judul : Dibibirnya Ada Dusta
Penulis : Mira W.
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Umum
Tahun Terbit : 2003 (Cetak ulang Desember 2010)
ISBN : 978-979-22-6469-2

Sinopsis Resmi

Karena kemaruk menginginkan separuh warisan ayahnya yg hampir meninggal. Sepasang Kembar Identik yang telah 14 tahun berpisah terpaksa bertukar identitas. Kerumitan timbul karna Ray punya selera yang menyimpang. Dia seorang Gay yg sudah punya pasangan Sehidup-Semati. Sementara Roy yg berganti pacar seperti berganti ponsel, tidak tahan dikelilingi gadis gadis cantik tanpa mempermainkan mereka.

Ketika seorang Gay dikejar wanita, Sementara seorang Lady-killer di anggap pria Tidak membahayakan. Berhamburan dusta demi dusta untuk menyelamatkan permainan mereka.

Sinopsis Singkat

Cerita awal dari Ray & Roy. Dimana Ray memohon pada Roy untuk Membantunya. Roy a/ tipikal adik yang tidak bisa menolak permohonan kakaknya. Roy menanyakan -dengan Gaya nyelenehnya loch ngak pernah serius- apa masalahnya karna ayah mereka minta Ray untuk jadi Dokter. Roy juga Mengoda Ray tentang hubungan Ray dgn pasangan sesama jenisnya.

Ray & Roy a/ saudara Kembar Identik. Tetapi mereka sudah terpisah sejak usia 10 tahun karena Perceraian ortu mereka yang dikarnakan Ibu mereka yg dulunya seorang penyanyi telah berjanji meninggalkan dunia Entertaiment tapi ketika anaknya sudah sekolah ia merasa kesepian karna suaminya pun sibuk bekerja. Kembalinya kedunia tarik suara membuat ibunya diserbu Gosip yg membuat pertengkaran Orang tua Roy & Ray menjadi pertengkaran yg Hebat hingga penganiayaan, Ray yg sering melihat pertengkaran Ortunya hanya mampu menangis & lari kekamar, Sedangkan Roy dia akan berusaha menjaga ibunya agar tiak tersakiti, tapi malah Roy yang menjai korban pukulan Ayahnya. Itu dijadikan pertimbangan perceraian karna Ibu mereka suah jenuh dengan sikap sang suami lagipula sudah ada seorang penulis yang mencintai dan menunggunya. Ketika perceraian telah dipilih Ray tinggal dgn ayah mereka sedangkan Roy diajak Ibunya tinggal di Australia bersama ayah tirinya yg penuh canda -ini yg bikin Roy gak pernah serius-

Ray sebenarnya Datang keAustralia karna ia ingin minta bantuan Roy untuk Menaklukan perasaan seorang anak bankir yg bisa menyuntikan dana keperusahaan ayahnya. karena itu merupakaan syarat agar warisannya tidak dipotong jadi 1/6. Tapi sicewe yang akan didekati itu orangnya Dingin karna pernah patah hati udah gitu Ray qn Gay. Jadi Ray minta Roy nyamar jadi dirinya untuk menaklukan Sicewe tersebut karna Ray tau Roy itu PLAYBOY yang pasti bisa melaklukan Wanita manapun, Roy juga tidak pernah ngerti arti KESETIAAN, beda ama Ray yg setia sampe Mampus sama Bondan -Roy dan Ray walau terpisah mereka tetap menjalin komunikasi, jadi mereka gak punya rahasia satu sama lain-

Sampai dijakarta Roy merasa Ibu Tirinya menghindar, karna setelah menyuruh pembantu menyediakan minum tp ibu tirinya langsung Pergi. Sedangkan Ronny -sodara tiri Anak ibu tirinya- serta ayahnya Belum pulang. Jadi hanya Reny adik dr hasil pernikahan ke-2 ayahnya, yang menyambut Roy. Reny yg bawel merasa aneh dgn perubahan Ray. Biasa Ray pendiam kini ia merasa Ray jd Penuh Canda. Ketika ayahnya pulang Roy menyambut dgn Rindu karna sudah 14 thn tidak jumpa. Tapi ayahnya yg dingin hanya biasa serta langsung to the point bilang ia terkena penyakit parah pada Hatinya maka Ray harus segera memikat Hati dari anak Bankir tersebut, Karna Ronny saudara tirinya pun sdng berusaha memikat cewe tersebut.

Esoknya Roy ikut kuliah praktek dibagian dalam. Tapi ia disambut dgn Omelan oleh Dokter pembimbingnya karna Roy telat. Roy yang melihat Natalia -selanjutnya panggil Lia- langsung ingin mendekatinya -uggghh dasar yang Namanya ROY EMANG PLAYBOY

-. Tapi Lia yang Polos, Alim & sudah memiliki Tunangan baik serta Insinyur -Rama- Menolak Roy.
Penolakan Lia membuat Roy semakin tertantang. Dan itu membuat Roy melupakan Bondan yg sudah SMS ke hape Ray berkali-kali. Itu bikin Bondan Cemburu. Roy mengeluarkan jurusnya sebagai PLAYBOY untuk mendekati Lia. Yang akhirnya Lia mulai tergugah. Hingga suatu hari Roy berhasil mengajak Lia kePantai anyer. Saat sedang dipantai, Bondan tiba tiba datang dan Marah pada Roy, karna merasa pasangannya selingkuh maka Bondan memutuskan Hubungannya dgn Ray. Putusnya hubungan Ray dgn Bondan membuat Lia tidak enak. Sehingga ia Langsung mengatakannya pada Roy. Yang Roy jawab tak apa karna dia sudah sembuh karna Lia. Lia yang terbuai mau saja ketika Roy mengecup Bibirnya. Sedangkan Ray yang tinggal di Australia malah banyak digoda teman wanitanya, bahkan mereka berani membuka baju Ray. tapi tetap ditanngapi ingin oleh Ray yang GAY, itu membuat para wanita itu merasa bahwa Roy benar benar suah tak menyukai mereka (hahahahha pas baca isini sumpah lucu, soalnyakan cowo biasanya gatelan liat cewe ikit ajach langsung pecicilan, nah ini cewenya udah siap diapain ajahh, ehhhhhhh cowonya malah diem ajach. wkwkwkwkw)

Lia akhirnya memutuskan hubunganya dgn Rama. Ketika Putus engan Rama, ibunya Lia tanya "Apa Lia sudah yakin akan hatinya??". pertanyaaan iti membuat Lia flashback Ketika ia diAnyer bersama dgn Ray -padahal Roy- ternyata Roy berhasil memerawani Lia (UGGGGGHHHH ROY SIALAN,untung cuman Novel asli tak Tendang). Tapi dilain tempat Roy malah serius mendekati Yessy -anak Bankir- lalu melupakan Lia. Lia tidak kecewa dgn keputusannya tentang hubungannya bersama Rama, tp ia kecewa pada dirinya karna dgn mudah menyerah pada Roy, Serta kini ia sedang mengandung.

Roy juga sudah Berhasil mendekati Yessy. Dgn mendekati Yessy hingga mereka ML -maap-, yg membuat Yessy terbuai karna Ray -padhl Roy- tetap mau menerimanya meski Yessy sudah tidak perawan (ternyata Yessy ini pernah patah hati gara gara mantan pacarnya yang udah merawanin ia kabur dari janjinya gituh aja).

Setelah tau Roy sudah Berhasil menekati Yessy. Ray segera Pulang Dari Australia karna ia ingin memperbaiki hubunganya Dengan Bondan. Roy yg tau itu segera mendatangi Lia untuk pamit & Lia pasti akan tau kelak itu ucap Roy. Lia sempat mengira Roy sudah tak menginginkannya (itu membuat Lia sedih). Roy juga datang ketempat Yessy untuk pamit yg dikira Yessy hanya candaan Roy. Setibanya dijakarta Ray segera bertukar posisi lagi engan Roy yang sudah menunggunya dibandara, Ray segera melaju dgn ngebut ketempat Bondan tapi Ia malah Kecelakaan. Roy yg akan berangkat merasa perutnya tiba2 sakit hingga ia tidak jd pulang. Ditempat dokter Roy malah sempat mengoda dokter yg memeriksanya.
Dirumah sakit Lia ikut menunggui Ray, ia juga mendapati fakta bahwa Yessy akan menikah dgn Ray. Bondan yg pd saat itu disitu diajak Lia berdoa, dan meberitahu sebuah Rahasia yg harus dijaga Bondan.

Ketika diHotel Roy sempat mencari Lia, tp Lia malah menghilang. Ketika mencari Ray, Roy akhirnya tau kalau sodara kembarnya kecelekaan parah. Roy pun segera ke Rumah sakit, ia mendapati Keluarganya, Yessy, Lia, dan Bondan tengah menunggui Ray. Roy pun membiarkan Ray berdua dgn Bondan. Sedangkan yg lain diluar Ketika Lia akan pulang Roy yg sempat kikuk, berniat mengantarnya namun ditolak -dëjavu-.
Setelah Bertemu Bondan, Ray mulai membaik. Ketika pulih Yessy tetap mau menerima Ray yg cacat sekalipun untuk menjadi Suaminya. Ray yg tidak mau menyuruh Roy untuk mengantikannya, tapi Roy tolak karna ia ingin dgn Lia dan tidak mungkin ia menikah dengan 2 orang wanita -Yechhhh nyadar juga-. Tapi Lia kini malah menghilang. Dan ketika Ray sedang menolak Yessy, Ronny datang dan mengatakan bahwa selama ini yg bersama Yessy adalah Roy. Yang membuat semua pertukaran identitas mereka terbongkar. Yessy yg merasa terkhianati memutuskan untuk ke Afrika menjadi tim Sukarelawan penyakit AIDS. Bondan juga sudah meninggalkan Ray karna ia terjangkit AIDS, membuat Ray semakin yakin cintanya pada Bondan. Roy pun merawat ayahnya yg sakit.

Hingga suatu ketika ayahnya meninggal. Ketika dipemakaman Ayahnya Lia datang dan Roy merasa Lia gemukan namun Lia tetap cantik. Dan ia berhasil mengantar Lia kerumahnya yg baru. Ketika diperjalanan Roy berhasil meluruskan kejadian di Anyer bahwa yg bersama Lia adalah dirinya bukan Ray. Lia merasa dibodohi. Ketika tiba dirumah Lia, Roy sempat pergi namun ketika ia melihat ibu Lia mengendong bayi ia merasa bayi itu anaknya. Ketika itu Lia menolak Roy. Tapi Ibu Lia yg tau itu Roy kembaran Ray yg dikira ayah sang bayi ,jadi ibunya Lia membiarkan Roy masuk. Ketika didalam rumah Lia, Lia bergegas kekamar untuk menyusui bayinya yg bernama Dion. Sedangkan Roy sedang menjelaskan bahwa ia adalah ayah dari cucu wanita tersebut. Ibu Lia yg bingung segera bertanya pada anaknya yg sedang berada dikamar namun hanya Lia jawab bahwa Roy bukan siapa siapa. Lia segera keluar dari kamar dan mengusir Roy. Semua itu membuat Ibunya Lia menjadi yakin bahwa Roy benar ayah dari Dion. Sebelum pergi Roy berusaha meyakinkan Lia bahwa ia ingin menikahi Lia, tapi Lia tetap menolak. Roy mengatakan ini pertemuan terakhirnya karna ia akan kembali ke Australia. Sehingga Roy meminta waktu sebentar untuk melihat Dion yg lebih banyak mirip dgn Lia dibanding dirinya.

5 TAHUN KEMUDIAN
Roy Tetap menjadi seorang pLayboy di Australia tapi hatinya tetap diisi Lia. Ray yg datang ke Australia meminta bantuan Roy untuk mencari keberadaan Yessy karna ia ingin menjadi Sukarelawan Seperti Yessy.karena Bondan telah meninggal, Ray juga mengatakan bahwa Bondan sebelum meninggal pernah mengatakan bahwa Dulu Lia pernah berjanji jika Ray sembuh ia akan menjauhi Ray. Ketika tau itu Roy tau alasan Lia mengapa tidak memberi tau kehamilanya dulu. Ray juga menyarakan agar Roy mencari Lia dan menjalin hubungn serius.

Roy segera bergegas keJakarta, setibanya dijakarta Roy mendatangi R.S. Praktek Lia, yang ternyata tempat dulu Roy pertama kali bertemu Lia. Ketika bertemu Roy, Lia sempat gugup. Mereka berbincang bincang dengan kikuk, hingga seorang suster masuk dan mengatakan suami Lia sudah menjemput. Roy kaget, Lia menjelaskan setahun yg lalu ia menikah dgn Rama, mantan tunangannya. Jadi Roy hanya dapat melihat Dion anaknya dgn sesuka hati Roy. Tapi ia tidak dapat Lia.

Lihat juga tugas...!