Wednesday, July 9, 2014

Kain Batik Khas Daerah Indonesia

Kain Batik Khas Daerah Indonesia - Kita tentu tahu apa itu batik, batik adalah kain khas daerah di Indonesia yang menjadi ciri dari etnis dan suku di Indonesia. Masing-masing daerah memiliki batik (kain khas) tersendiri yang memiliki keunikan dan ciri yang berbeda dengan daerah lain. 

Batik sangatlah beragam baik dari motif dan cara membuatnya, untuk itu kali ini kita akan membahas tentang Batik sebagai Kain Khas Daerah Indonesia. Berikut uraiannya...

Pengertian Batik

Batik adalah proses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun dengan menggunakan lilin batik (wax / malam) sebagai alat perintang warna. Pada pembuatan batik, lilin batik (malam) diaplikasikan pada kain untuk mencegah penyerapan warna pada saat proses pewarnaan. Definisi batik ini telah disepakati pada Konvensi Batik Internasional di Yogyakarta pada tahun 1997. Meskipun demikian, masyarakat awam mengenal batik sebagai kain yang memiliki corak dan motif yang khas. Dengan kata lain, orang awam mengenal batik sebagai motif, bukan sebagai teknik pembuatan kain.

Terdapat beberapa versi tentang asal kata batik. Dua versi yang paling terkenal adalah bahwa kata batik berasal dari bahasa proto-austronesia dan bahasa Jawa. Batik berasal dari bahasa proto-austronesia “becik” yang artinya membuat tato dan berasal dari bahasa Jawa yaitu “amba” atau menulis dan “titik”.

Jenis-jenis Batik

Ada 3 jenis batik, yaitu :
  1. Batik Tulis, yaitu kain dihias menggunakan tangan sesuai corak atau tekstur tertentu.
  2. Batik Cap, yaitu kain dihias dengan menggunakan cap yang sudah ada corak.
  3. Batik Lukis, yaitu pembuatan batik dengan cara dilukis langsung pada kain putih.

Kerajinan batik di Indonesia dipercaya telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit. pada akhir abad XVIII atau awal abad XIX, batik menjadi terkenal.Sampai abad XX yang dihasilkan semuanya adalah batik tulis dan setelah perang dunia I atau sekitar tahun 1920-an batik cap baru dikenal.

Perkembangan batik semakin pesat, Para wanita mulai mengerjakan kesenian batik dan menjadi pakaian yang merakyat. tadinya batik hanya dikerjakan dalam keraton saja dan dipakai untuk raja, keluarga raja dan pengikut raja.

Asal dan Motif Motif Batik Indonesia

Batik Indonesia memiliki banyak macam Motif, ini berasal dari filosofi dan budaya masing-masing daerah. Adapun Motif Batik berdasarkan Daerah Asal Adalah sebagai berikut :
  1. Batik Bali
  2. Batik Banyumas
  3. Batik Madura
  4. Batik Malang
  5. Batik Pekalongan
  6. Batik Solo
  7. Batik Tasik
  8. Batik Aceh
  9. Batik Cirebon
  10. Batik Jombang
  11. Batik Banten
  12. Batik Tulungagung
  13. Batik Kediri
  14. Batik Kudus
  15. Batik Jepara / Batik Kartini

Makalah Kain Batik Khas Daerah Indonesia

Keanekaragaman dan kekayaan budaya Indonesia memang mengagumkan, belum lagi jika kita melihat Sistem Politik Indonesia yang menganut paham demokratis, sebenarnya Indonesia layak dibanggakan.

Pustaka
http://www.katabagus.com/sejarah-batik-indonesia.html
http://belanjabatik.com/batik-pengertian-macam-berdasarkan-cara-pembuatan-62-17.info

Kain Batik Khas Daerah Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko